Tips Menenangkan Pikiran ala SehatQ.com

Oktober 15, 2020

Memiliki pikiran yang tenang, rileks, dan jauh dari kata tertekan merupakan hal yang diidam-idamkan oleh hampir seluruh manusia. Manusia memiliki banyak beban dan masalah yang akan membuat ia mudah stress, bisa tentang masalah kantor, percintaan, dan masalah lainnya yang bisa membuat beban pikiran semakin menumpuk. Jika Anda sudah berada pada titik ini, maka Anda harus segera mencari tau tentang tips menenangkan pikiran.

Namun, tidak perlu khawatir karena sehatQ lah menyediakan lebih dari seribu artikel tentang info penyakit yang akan membantumu dalam mengatasi pikiran yang kalut. Dan berikut ini akan kami hadirkan beberapa informasi mengenai apa saja tips yang harus lakukan untuk mendapatkan ketenangan diri dan terhindar dari tekanan. Penasaran kan apa saja informasinya? Yuk simak berikut ini.

7 Tips Menenangkan Pikiran yang Wajib Anda Ketahui Agar Terhindar Dari Stress

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ketenangan pikiran, Anda bisa melakukannya dari yang sederhana hingga cara yang membutuhkan komitmen kuat dalam menjalaninya.

1. Lakukan Aktivitas yang Lebih Kompleks

Dengan melakukan aktivitas yang sedikit kompleks akan membantu Anda dalam menenangkan pikiran. Anda bisa melakukan banyak hobi yang sebelumnya sudah menjadi kegiatan rutin, dan pastikan untuk menaikan level kesulitan dari hobi yang dijalani tersebut. Contohnya Anda bisa melakukan push up dengan memasang target tertentu yang lebih tinggi dari sebelumnya.

2. Perluas Hubungan Sosial

Cara menenangkan hati dan pikiran yang kacau bisa dicegah dengan memperluas hubungan sosial. Dengan adanya kerabat atau teman disekitar Anda akan membuat semua beban Anda terobati dengan kebersamanan bersama mereka. Pastikan juga untuk menceritakan semua keluhan yang Anda hadapi agar mereka bisa memberikan saran ampuh yang harus Anda lakukan untuk mneyelesaikan masalah yang ada,

3. Berolahraga

Tahukah Anda ternyata olahraga tidak hanya dapat menyesehatkan badan tetapi membantu pikiran agar tenang. Olahraga menjadi tips menenangkan pikiran selanjutnya yang harus Anda lakukan. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin, Anda akan memiliki risiko kecil untuk mengalami berbagai kecemasan yang ditimbulkan oleh tekanan yang Anda hadapi.

4. Gunakan Minyak Aromaterapi

Minyak aromateri sudah banyak digunakan oleh banyak kalangan yang berfungsi untuk menenangkan pikiran. Anda bisa mengguna minyak atsiri dengan berbagai varian jenis. Minyak atsiri merupakan minyak yang berasal dari berbagai tumbuhan dan bunga, varian yang paling terkenal adalah lavender, mawar, minyak geranium, dan sandalwood.

5. Jangan Menunda Tugas dan Pekerjaan yang Ada

Jangan menunda-nunda tugas Anda bermanfaat untuk tidak tertekan saat deadline sudah dekat, pastikan Anda membuat komitmen dalam mengerjakan semua pekerjaan yang harus Anda urus. Menunda pekerjaan atau yang biasa dikenal sebagai “procrasting” ini merupakan salah satu pemicu timbulnya stress dan beban pikiran.

6. Melakukan Yoga

Yoga sudah banyak dilakukan untuk menenangkan pikiran dari stress yang popular di kalangan masyarakat. Bebagai penelitian menyebutkan bahwa dengan melakukan yoga, Anda akan bisa mengobati mood yang buruk, dan bisa menjadi obat andipresan yang efektif untuk menangani depresi.

7. Rajinlah Membantu Orang Lain

Dengan membantu orang lain, akan membuat Anda mengalami kepuasan batin tersendiri. Anda bisa membantu sesama mulai dari kerabat, teman, hingga orang lain yang sedang membutuhkan bantuan dan uluran tangan Anda.

Nah, itulah 7 tips menenangkan pikiran yang direkomendasikan oleh SehatQ. Anda bisa melakukan berbagai cara diatas, atau jika Anda memiliki rekomendasi lainnya jangan lupa untuk tuliskan di kolom komentar.

1 komentar: