3 Penyebab Ketombe Paling Umum dan Cara Mengatasinya

April 01, 2021

3 Penyebab Ketombe Paling Umum dan Cara Mengatasinya

Menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala adalah hal sangat penting bagi semua orang. Apabila tidak dirawat maka rambut menjadi kurang sehat dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Masalah rambut yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah ketombe. Anda harus tahu penyebab ketombe dulu sebelum melakukan langkah pengobatan yang tepat. 

3 Penyebab Ketombe Serta Cara Mengatasinya

Ketombe adalah gangguan pada kulit kepala berupa pengelupasan kulit. Tanda bahwa seseorang mengalami gangguan ketombe adalah banyaknya serpihan kulit kepala berukuran kecil. Serpihan-serpihan kecil tersebut biasanya jatuh di bahu, baju, dan di sekitar kepala. 

Selain sangat mengganggu penampilan, ketombe juga memberi rasa yang kurang nyaman. Karena ketombe juga dibarengi dengan rasa gatal pada kulit kepala. Orang yang punya ketombe rasanya ingin selalu menggaruk-garuk kepala. 

Sebenarnya, faktor apa saja yang menyebabkan ketombe? Ada beberapa penyebab yang sebaiknya perlu kita ketahui. Supaya kita bisa menghindari penyebabnya dan terhindar dari ketombe.

1. Rambut Jarang Disisir

Jangan pernah anggap sepele aktivitas menyisir rambut. Tahukah Anda bahwa orang yang jarang menyisir rambutnya sangat rentan mengalami ketombe. Menyisir rambut dapat mencegah terjadinya ketombe. Kulit kepala akan terkelupas secara alamiah dan normal ketika Anda menyisir rambut. 

2. Cuaca Panas

Cuaca panas yang terik dapat membuat sel kulit kepala lebih cepat mati. Seketika, sel kulit kepala yang mati tersebut berubah menjadi ketombe. Cobalah untuk keramas atau mendinginkan kulit kepala dan rambut saat cuaca panas. Anda bisa mencobanya dengan shampoo yang memiliki kandungan bagus untuk kesehatan rambut.

3. Salah Pilih Shampoo

Tidak semua shampoo menggunakan kandungan yang baik bagi kesehatan rambut serta kulit kepala. Pemilihan shampo yang tidak tepat justru membuat kulit kepala menjadi kering dan mengandung minyak berlebih. 

Selalu pastikan bahwa Anda memilih shampo yang mengandung asam salisilat, selenium sulfide, pyrithione zinc, dan ketoconazole. Kandungan-kandungan ini sangat ampuh dalam mencegah ketombe pada rambut.

Dari penjelasan ketiga penyebab ketombe di atas, kita hendaknya harus memperhatikan perawatan rambut. Lakukan perawatan secara benar termasuk dalam pemilihan shampoo untuk keramas atau membersihkan kulit kepala dan rambut. 

Kita pasti setuju bahwa shampoo yang sebaiknya dipilih adalah yang mengandung bahan anti ketombe. Anda bisa melihat contoh shampo dengan kandungan pencegah ketombe di website clearhaircare.com. Shampo rambut terbaik adalah shampo yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala serta rambut.

1 komentar: