Anda Mau Mudik? Ini Persiapan Mudik Dengan Motor Yang Harus Diketahui

April 08, 2022


Mudik adalah tradisi yang dilakukan sekali setahun, dimana orang-orang akan melakukan perjalanan pulang kampung. Mudik biasanya dilakukan dengan kendaraan pribadi seperti kendaraan roda dua. Inilah persiapan mudik dengan motor yang harus Anda ketahui:

Mempersiapkan Kondisi Tubuh

Pertama Anda perlu memastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan yang fit. Tubuh harus fit karena mudik tentunya memakan waktu yang sangat lama sehingga tubuh akan mengalami kelelahan nantinya. Seperti yang Anda ketahui, cuaca di saat mudik sering berganti-ganti, kadang akan panas juga akan tiba-tiba hujan, makannya tubuh harus dalam kondisi yang sangat sehat. Bila Anda kurang yakin, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk menapatkan resep obat atau vitamin yang diperluka oleh tubuh Anda. 

Mempersiapkan Kendaraan Roda Dua Anda

Selanjutnya yang harus dipersiapkan yaitu motor Anda. Motor Anda juga harus dibawa ke kliniknya yaitu bengkel untuk mengecek keseluruhan dari motor itu sendiri. Seperti Anda, motor bisa juga sakit sehingga Anda harus men-servicenya ke bengkel resmi untuk memastikan bahwa motor Anda siap untuk dibawa untuk mudik. Dengan mengecek motor milik Anda, maka Anda juga akan lebih tenang karena tidak ada rasa takut akan mengalami kecelakaan.

Mempersiapkan Barang Bawaan

Persiapan yang ketiga yaitu mempersiapkan barang bawaan Anda. Ingatlah! Anda tidak boleh membawa barang bawaan yang berlebihan di motor Anda. Tahu kenapa? Supaya Anda tidak menglami kecelakaan nantinya. Perlu Anda ketahui bahwa motor juga memiliki kapasitasnya sendiri sehingga tidak bisa dipaksakan dengan barang bawaan Anda yang berat-berat.

Mempersiapkan Rute Perjalanan

Keempat yang harus dipersiapkan yaitu rute perjalanan. Anda bisa menggunakan GPS yang ada di Google Maps untuk mengetahui rute perjalanan Anda dan supaya terhindar dari jalur yang sedang mengalami kemacetan. Namun jika Anda sudah hapal dengan jalur mudik Anda, Anda tidak perlu lagi menggunakan GPS, Anda bisa melihat papan pemberitahuan yang ada di jalan.

Mempersiapkan Perlengkapan Diri

Terakhir Anda wajib mengenakan helm, jaket yang cukup tebal, sepatu, celana panjang, sarung tangan, kacamata dan terakhir yang harus dipakai yaitu masker. Jangan lupakan menggunakan semua perlengkapan itu, supaya Anda bisa sampai dikampung dengan sehat.

Itu tadi 5 perisiapan yang harus Anda ketahui saat ingin mudik dengan motor. Semoga bermanfaat bagi Anda.

2 komentar