Cara Merawat Organ Pencernaan dengan Benar

Agustus 10, 2023


Kesehatan pencernaan seringkali mendapatkan perhatian dari banyak orang. Sebab sistem pencernaan memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Sehingga Anda harus menjaga kesehatan pencernaan dengan baik. Sebab pencernaan yang bermasalah dapat membahayakan kesehatan tubuh.

5 Cara Merawat Organ Pencernaan

Setiap orang, mungkin pernah mengalami gangguan pencernaan baik mual, diare ataupun asam lambung. Permasalahan tersebut seringkali terjadi dan menyebabkan penderita menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus merawat organ pencernaan dengan cara berikut:

1. Mengonsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat berfungsi untuk melancarkan BAB. Bahkan makanan berserat berfungsi untuk mengurangi beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, wasir dan juga iritasi usus besar. Untuk mendapatkan beberapa manfaat tersebut, Anda bisa mengonsumsi sayuran, biji-bijian dan juga buah-buahan.

2. Mengonsumsi Makanan Alami

Penyebab terjadinya gangguan kesehatan pada pencernaan cukup beragam. Namun, kondisi ini dapat Anda cegah dengan mengonsumsi makanan alami atau makanan yang tidak mengalami penambahan zat adiktif. Mengonsumsi makanan alami dapat meningkatkan kesehatan lambung.

3. Makan Secara Perlahan

Cara merawat sistem pencernaan yang selanjutnya yaitu makan secara perlahan. Sebab hal ini memudahkan lambung untuk mencerna makanan yang Anda konsumsi. Saat mengonsumsi makanan secara tergesa-gesa, maka lambung akan kesulitan untuk mencerna makanan tersebut.

4. Olahraga Secara Rutin

Rutin melakukan olahraga, dapat meningkatkan kesehatan seperti kesehatan sistem pencernaan. Olahraga juga dapat mencegah terjadinya peradangan usus. Selain itu, olahraga secara rutin juga dapat memperlancar BAB. Sehingga cara ini dapat Anda lakukan saat BAB tidak lancar.

5. Memperbanyak Kebutuhan Cairan

Setiap hari, organ tubuh memerlukan kebutuhan cairan dengan cukup. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap harinya. Sebab dengan cara ini, sistem pencernaan akan sehat dan terhindar dari penyakit. Terlebih air putih juga dapat memperlancar BAB.

Berbagai macam cara merawat organ pencernaan di atas dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab cara tersebut efektif dalam mengatasi beberapa permasalahan pencernaan seperti intoleransi laktosa.

0 komentar